-->
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain Yang Baik?

advertise here

 
https://www.ngetik.online/2019/12/10-cara-memilih-nama-domain-yang-tepat.html
Cara memilih nama domain

 

 

Domain, setelah sebelumnya kamu berhasil membuat blog, maka selanjutnya kamu harus memilih domain yang tepat sebagai alamat blog-mu. Namun, sebelum berbicara lebih lanjut mengenai domain, yang pertama yang harus kamu ketahui adalah apa itu domain? Baik, kita jelaskan satu persatu terlebih dahulu.

Apa itu domain?

 

Domain merupakan sebuah alamat dari blog atau website, kita ibaratkan pada sebuah rumah, maka domain tersebut ialah nama jalan atau nama alamat dari sebuah rumah. Jika alamat rumahmu berada di Jalan Kenangan No. 1, maka alamat dari sebuah blog atau website disebut dengan domain. Misal www.ngetik.online ialah nama domain dari blog ini. Selanjutnya, pada sebuah domain akan ada beberapa ektensinya seperti .com, .id, .or.id, .online  dan masih banyak lagi. penjabaran dari nama domain blog ini dengan Ngetik sebagai nama blog dan .online sebagai ekstensinya. Bagaimana sobat sampai disini sudah tahukan apa itu domain?

Memiliki nama domain dengan url yang singkat dan terkesan simpel sebagai alamat blog-mu merupakan sebuah keharusan serta nilai plus agar pengunjung tidak susah mengingat dan mencari blog-mu di searchbar. Domain sendiri berfungsi untuk mengarahkan pengunjung ke server dimana blog-mu tersimpan dan online, sehingga apapun yang ada pada blog akan tampil pada halaman pencarian. Lalu, selain sebagai alamat untuk blog-mu, fungsi lain dari domain ialah sebagai redirect (pengalihan) akan memudahkan user untuk mengunjungi halaman/page mana yang akan kamu tampilkan.

Akan tetapi, sebenarnya saat kamu memilih salah satu platform tempat kamu melakukan aktifitas blogging sudah memberikan sebuah domain gratisan, semisal pada Blogspot, saat kamu mendaftar dan telah menyelesaikan langkah-langkah pendaftaran maka kamu akan mendapatkan domain dengan akhiran (dot)blogspot.com. begitupun jika kamu memilih Wordpress.

Hanya saja dengan memanfaatkan domain gratisan dari platform akan membuatmu susah mengingat dan yang pasti juga akan mempengaruhi terhadap traffic blog-mu.

Lalu, dengan mengetahui apa itu domain, dan domain gratisan yang diberikan penyedia platform blog. Kamu pasti pernah mendengar yang namanya subdomain bukan? Dan timbul pertanyaan lagi mengenai apa itu subdomain.

Untuk lebih jelasnya,

Apa itu subdomain?

Subdomain adalah sebuah divisi dari domain yang telah terdaftar sebelumnya (domain turunan). Dengan adanya subdomain kamu dapat membuat sebuah halaman terpisah dari website atau blog, semisal pada google.com untuk halaman yang memuat seputar pertanyaan dan kebijakannya mereka menggunakan subdomain support.google.com atau jika nanti kamu telah membeli domain kepada pihak penyedia jasa penjualan domain maka kamu juga dapat membuat sebuah subdomain dengan support.(namadomainmu).com berguna untuk menempatkan halaman yang membuat sebuah content atau event tertentu. 

Tapi, setelah kamu memahami pengertian domain dan subdomain, barangkali timbul kembali pertanyaan bagaimana cara mendapatkan sebuah domain. Tenang, disini akan kembali ngetik.online jelaskan istimewa untuk kamu pembaca setia blog ini.

Bagaimana cara mendapatkan sebuah domain?

Untuk mendapatkan sebuah domain ada banyak cara yang bisa kamu lakukan,
Pertama, domain gratisan 
kamu bisa mendapatkan domain gratisan dari pihak penyedia dengan syarat tertentu, ada beberapa penyedia jasa domain gratis, namun sebelumnya kamu tentu harus membeli atau menyewa hostingnya ya.
Kedua, domain berbayar
Cara ini merupakan yang terbaik karena dengan membeli sebuah domain (berbayar) kamu akan dapat secara penuh mengatur domain yang telah kamu beli. Beragam fasilitas seperti pengaturan DNS, Server, dan Hostname dapat kamu atur sendiri guna menghubungkan blog-mu ke pengunjung.

Pada domain berbayar, kamu akan dapat menentukan jangka waktu domain tersebut aktif, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun. Untuk estimasi pembayarannya dapat kamu pilih menjadi pertahun. Ada banyak situs penyedia jasa jual-beli domain, salah satunya Niagahoster serta masih banyak lagi.

Perlu kamu perhatikan sebelum memilih tempat untuk membeli domain adalah Baca selengkapnya...
Advertisement
Silahkan Berkomentar ()